Sikap Yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Guru Teladan

Seorang guru tentu harus punya sikap yang bisa dicontoh para siswa. Maka dari itu pantas saja jika banyak orang yang memimpin kan untuk menjadi seorang guru teladan. Seperti diketahui guru adalah profesi yang mulia dan menunjukkan sikap sebagai guru yang menjadi teladan siswanya tentu sangat penting dan wajib.

Ada beberapa sikap yang harus ditunjukkan untuk menjadi sosok guru teladan. Berikut ini akan dijabarkan beberapa contoh sikap tersebut, sehingga bagi Anda yang baru saja menjadi seorang guru bisa menerapkan sikap-sikap ini di sekolah.

  • Menganggap siswa sebagai anak sendiri, penting bagi guru teladan untuk memiliki sikap menganggap siswa di sekolah adalah anak sendiri. Sehingga guru punya tanggung jawab untuk anak tersebut. Seperti membimbing anak untuk lebih baik kedepannya dan punya perhatian lebih kepada para siswa. Yang tidak boleh dilakukan guru di sekolah adalah berlaku tidak adil pada setiap siswa. Satu hal lagi Anda harus tulus menyayangi siswa seperti layaknya anak kandung dan ikhlas membimbingnya.
  • Jangan berkata kasar, seperti halnya anak sendiri tentu siswa terkadang akan memiliki sikap yang menjengkelkan. Karena semua murid pasti punya karakter yang berbeda-beda. Meski Anda emosi pada siswa yang menjengkelkan, tapi jangan pernah mengeluarkan kata-kata yang kasar karena hal tersebut hanya akan menjatuhkan wibawa anda di depan siswa. Bersikaplah sopan dengan kata-kata yang terfilter selayaknya guru profesional. Berkata kasar pada siswa hanya akan melukai hati dan bisa berpengaruh ke mentalnya.
  • Berikan apresiasi, semua siswa layak dipuji oleh gurunya. Ini merupakan cerminan bahwa guru sebagai teladan dan panutan masyarakat, karena memperlakukan murid layaknya manusia seutuhnya. Berikan apresiasi atas kerja keras murid meski menurut Anda hal tersebut belum sempurna atau memenuhi ekspektasinya. Karena sejatinya, semua murid pasti melakukan kerja keras untuk mencapai apa yang diinginkan tetapi mungkin saja belum sempurna dan banyak kegagalan. Apresiasi yang anda berikan, bisa menjadi obat atas kegagalan yang terjadi.
  • Dengarkan keluhan siswa, para guru merupakan tempat murid berkeluh kesah di sekolah. Maka dari itu ada baiknya anda tetap mendengarkan keluhan siswa dan memberikan respon yang baik terhadap hal tersebut. Menurut anda keluhan dari siswa terdengar sepele, tapi ketika respon anda bagus hal tersebut sebenarnya sudah cukup. Lalu jika anda merasa mampu, berikan solusi terbaik bagi keluhan yang sedang dirasakan siswa.
  • Punya sikap guru teladan, tentu saja dari semua hal diatas yang paling penting adalah memberikan contoh bahwa Anda memang guru yang teladan dan patut disegani tanpa harus ditakuti. Caranya tentu saja dengan mengeluarkan kata-kata yang sopan, rajin, menjadi guru yang jujur dan memberikan vibes yang positif untuk dicontoh oleh murid anda sendiri. Ketika guru punya sikap sikap yang positif,tentu murid yang menyegani anda akan tertular sendiri oleh sikap positif dari gurunya. Salah satu sikap positif yang juga penting ditunjukkan oleh guru adalah selalu hadir saat jam pelajaran tiba. Dari hal ini siswa bisa belajar, bahwa setiap orang harus disiplin dan bertanggung jawab.

 

Demikian beberapa sikap yang harus ditunjukkan oleh guru teladan. Beberapa hal di atas tentu sangat penting, membantu anda calon guru untuk kedepannya menjadi suri tauladan bagi para siswa generasi bangsa. Apalagi untuk yang belum pernah mengajar sama sekali, beberapa contoh sikap di atas harus dipelajari dan diamalkan sejak dini oleh para calon guru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *